Gubernur Lemhanas: Nilai Pancasila Harus Dihidupkan Lagi

IPABIonline.com - Gubernur Lemhannas (Lembaga Ketahanan Nasional), Budi Susilo Soepandji menyatakan bahwa nilai-nilai pancasila banyak mengalami pergeseran di masyarakat pada era modernisasi seperti saat ini.

"Dilaporkan tadi terdapat pergeseran. Misalnya, yang dulu semangat gotong royongnya lengkap sekali. Sekarang ada jurang antara kaya dan miskin yang perlu direvitalisasi" kata Budi Susilo Soepandji, Gubernur Lemhannas usai dialog kebangsaan bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat serta LSM di Hotel Tretes Raya Sabtu (11/2/2012).

Dia menambahkan, Indonesia sebagai bangsa yang heterogen, berbhenika tunggal ika yang merupakan kesepakatan para pendiri bangsa, dinilai perlu untuk menghidupkan kembali nilai-nila pancasila supaya kerukunan umat, kerukunan bangsa Indonesia ini dapat terwujud. Selain itu, diharapkan agar jiwa pancasila tidak mudah luntur di hati rakyat.

"Di Indonesia saat ini juga mulai dikembangkan bagaimana nilai-nila pancasila, dihidupkan kembali di daerah-daerah pemukiman, bagaimana nilai-nilai pancasila dihidupkan di lingkungan kerja. Lemhannas melihat bahwa kekuatan Indonesia ini ada soft power, membangun jiwanya dan hard power masalah hukum" imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, gagasan Lemhannas antara lain adalah perlu adanya lagi dialog yang lebih dalam ke level kebijakan antara kementrian pendidikan, kementrian agama, kementrian tenaga kerja, kementrian dalam negeri dalam mengelolah pendidikan dalam arti yang luas lagi. (IPABI Online/bjatim)
Continue Reading...

Anonymous Lumpuhkan Situs Milik CIA

Situs milik badan Pusat Intelijen Amerika, CIA.gov,
tidak bisa dibuka hari Jumat sore dan terdapat pesan
'CIA TANGO DOWN'.
IPABIonline.com - Situs web Badan Pusat Intelijen Amerika (CIA) hari Jumat kemarin (10/2 )tidak bisa diakses setelah kelompok peretas internet Anonymous menyatakan telah melumpuhkannya.

Situs tersebut, CIA.gov, tidak bisa dibuka Jumat sore.

Akun Twitter terkait Anonymous memasukkan pesan "CIA TANGO DOWN." "Tango down" adalah ungkapan militer untuk membunuh musuh.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari pihak Humas CIA yang sempat dihubungi wartawan.

Anonymous memiliki sejarah menyerang situs-situs web resmi. Bulan lalu, kelompok itu mengaku meretas sebentar situs-situs Departemen Kehakiman Amerika dan Biro Investigasi Federal (FBI). Target lainnya mencakup situs Kementerian Kehakiman Yunani, situs yang dioperasikan kepolisian Boston dan situs web biro hukum yang membela seorang Marinir Amerika yang divonis membunuh warga sipil Irak tahun 2005.

Situs CIA telah diretas sebelumnya. Juni lalu, kelompok peretas LulzSec menyatakan telah melumpuhkan situs tersebut selama beberapa jam. (IPABI Online/voa)
Continue Reading...

Kisah Burung Pipit dan Tiga Kata Hikmah

Seorang hakim berkata, “Ada seorang lelaki yang memiliki sebuah kebun ia mengurusnya dan merawatnya dengan baik. Tiba-tiba, pada suatu hari dia melihat seekor burung pipit hinggap di salah satu pohon kebun tersebut dan menjatuhkan buahnya, lalu lelaki itu membuat perangkap untuk menangkapnya.

Ketika ia berkeinginan untuk menyembelihnya, Allah Swt membuat burung itu bisa berbicara dengan kehendak-Nya. Lalu burung itu berbicara kepada pemilik kebun tersebut, ‘Engkau ingin menyembelihku padahal diriku tidak bisa mengenyangkanmu dari lapar dan menguatkanmu dari lemah. Apakah engkau ingin memiliki sebuah kebaikan dari yang engkau harapkan?’

Lelaki itu bertanya, ‘Apa itu?’

Burung pipit itu menjawab, ‘Lepaskan aku dan aku akan mengajarimu tiga kalimat, jika engkau menghafalnya, ia akan menjadi sesuatu yang lebih baik untukmu daripada keluarga dan harta yang engkau miliki.’

Lelaki itu berkata, ‘Baiklah akan aku lakukan, maka katakanlah kepadaku tiga kalimat tersebut!’

Burung pipit itu berkata, ‘Ingat-ingat yang akan aku katakan kepadamu ini: Jangan putus asa atas apa yang engkau lewatkan, jangan benar-benar mempercayai apa yang tidak ada, dan jangan sekali-kali meminta apa yang tidak engkau sanggupi.’

Ketika burung itu selesai mengatakan tiga kalimat tersebut, sang pemilik kebun melepaskannya. Lalu ia terbang dan hinggap di sebagian pohon, dan berkata kepada lelaki itu, ‘Seandainya engkau tahu apa yang telah engkau lewatkan dariku. Ketahuilah bahwa engkau telah melewatkan hal yang sangat besar dariku.’

Lelaki itu bertanya, ‘Apa itu?’

Burung pipit itu menjawab, ‘Jika engkau memutuskan melakukan keinginanmu untuk menyembelihku, pasti akan keluar mutiara seperti telur angsa dari tembolokku, dan dengan itu engkau menjadi orang kaya pada masamu.’

Ketika lelaki itu mendengar apa yang dikatakan burung pipit tersebut, dirinya terbelenggu oleh penyesalan atas apa yang telah dia lewatkan, lalu ia berkata, ‘Lupakanlah yang sudah berlalu. Ayo ikut ke rumahku, maka aku akan melayanimu dengan baik dan memuliakan tempatmu.’

Maka, burung pipit itu berkata, ‘Hai orang bodoh, menurutku engkau tidak menjamin keselamatanku jika engkau mendapatkanku dan engkau tidak mengambil manfaat dari kata-kata yang aku harap engkau mengikutinya. Bukankah aku telah menjanjikan kepadamu agar engkau tidak berputus asa atas apa yang telah engkau lewatkan dan jangan mempercayai apa yang tidak ada, serta jangan meminta apa yang tidak akan engkau dapatkan. Namun, engkau mempercayai bahwa dalam tembolokku ada mutiara seperti telur angsa, padahal seluruh tubuhku lebih kecil dari telur angsa. Bukankah aku telah menjanjikan kepadamu agar tidak mempercayai apa yang tidak ada?’” 

Sumber:  Bihar al-Anwar.
Continue Reading...

33 Tahun Revolusi Islam, Iran Terus Lanjutkan Jihad yang Konstruktif

IPABIonline.com - Dalam perayaan 33 tahun Revolusi Islam, Duta Besar Iran untuk Indonesia Mahmoud Farazandeh Mengatakan, sudah bertahun-tahun lamanya Iran hidup dalam sanksi Amerika Serikat (AS), meski demikian Iran akan takkan pernah tunduk pada hegemoni negara manapun dan terus berjihad secara konstruktif. 

"Bangsa kami akan terus melanjutkan perjalanannya dan berjihad. Jihad yang dimaksud oleh kami adalah jihad yang konstruktif yang bertujuan untuk pembangunan dan kemajuan. Jihad pada dasarnya adalah suatu hal yang diperintahkan agama dan ditentukan oleh nilai-nilai Fiqih. Bangsa Iran tidak akan pernah tunduk kepada hegemoni manapun. Iran hanya tunduk pada Allah SWT," ujar Dubes Farazandeh, di kediamannya, Jumat (10/2/2012).

Dubes Iran juga mengatakan, hingga saat ini banyak sekali negara-negara asing yang terus mencoba untuk memaksakan kehendaknya terhadap Iran. Meski mengalami tekanan, bangsa Iran pun akan tetap berjuang dalam menghadapi tantangan tersebut.

Tak lupa, Dubes Iran menambahkan bahwa, negaranya sangat menyambut tumbangnya rezim-rezim pro-AS yang ada di Timur Tengah, seperti halnya rezim Husni Mubarak di Mesir.

Perayaan 33 tahun Revolusi Islam Iran digelar di kediaman Duta Besar Farazandeh dan dihadiri oleh segenap perwakilan dari Kedutaan Besar di Indonesia. Acara tersebut dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh seorang Qori internasional dari Republik Islam Iran.

Sementara itu, Iran juga akan menggelar pawai besar di sejumlah kota di negaranya. Puluhan juta masyarakat Iran juga akan berpartisipasi dalam pawai tersebut. (IPABI Online/okz)
Continue Reading...

Rahbar Serukan Persatuan Negara-negara Muslim

"Dunia Muslim sangat membutuhkan persatuan," Rahbar.

IPABIonline.com - Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran atau Rahbar, Ayatullah Al-Udzma Sayyid Ali Khamenei mengatakan bahwa persatuan merupakan kebutuhan utama bagi negara-negara Muslim. Beliau mendesak kaum Muslim dunia untuk memanfaatkan peluang kebangkitan yang diciptakan gerakan kebangkitan Islam di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara.
 
Pernyataan beliau ini disampaikan dalam pertemuannya dengan para pejabat tinggi Iran, peserta Konferensi Persatuan Islam Internasional ke-25 dan para duta besar negara Islam di Teheran, Jumat (10/2).

Berbicara tentang kebangkitan Islam, revolusi di sejumlah negara Arab, penarikan pasukan Amerika, dan kian melemahnya kekuatan rezim Israel merupakan kesempatan emas bagi negara-negara Muslim dan harus dimanfaatkan secara maksimal.

"Tidak diragukan bahwa gerakan tersebut akan berlanjut di masa depan melalui upaya negara-negara Muslim, kaum intelektual dan ilmuan, elit politik dan tokoh agama. Dan kaum muslimin sekali lagi akan mencapai masa kejayaannya." Tegas Rahbar.

Rahbar melanjutkan bahwa para musuh Revolusi Islam senantiasa berusaha untuk menghambat perkembangan Islam --dengan segala upayanya-- namun suara Revolusi Islam tetap terdengar. Hal ini disebabkan muqawamah (perlawanan) bangsa Iran dan berpegang teguhnya mereka kepada jalan yang telah digariskan oleh Imam Khomeini qs, sehingga mampu mengalahkan hegemoni musuh. Dan kesetiaan tersebut menambah tumbuh suburnya gerakan-gerakan Islam dari waktu ke waktu. (IPABI Online/presstv/irna)
Continue Reading...

Global March to Jerusalem (GMJ), Dari Dunia untuk Palestina

Sejak tahun 1948 negara Palestina selalu menjadi medan pertempuran dengan israel. Sudah ribuan warga yang meninggal dunia dan ribuan lainnya menjadi pengungsi ke negara tetangga.

Al-Quds atau Yerusalem adalah kota yang menjadi kunci perdamaian dan peperangan di dunia. Yerusalem merupakan warisan universal umat manusia, dan sangat dimuliakan oleh pemeluk tiga agama. Yerusalem melambangkan persatuan dan persamaan semua ciptaan Tuhan. Ia mengandung pesan cinta dan kasih sayang. Miliaran orang yang mencintai Yerusalem sangat peduli akan keselamatan dan kesucian Masjid Al-Aqsha, Masjid Kubah Batu, dan Gereja Makam Suci.

Berbagai kebijakan internasional yang dikeluarkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak mampu membendung kepongahan Zionis untuk terus melakukan Yahudisasi kota Yerussalem. Dan lebih parah lagi, semua kejahatan itu berlangsung mulus berkat perlindungan politik Veto Amerika Serikat di Dewan Keamanan PBB.

Sejak pendudukan Zionis terhadap 78 persen Tanah Palestina pada 1948, menyusul pendudukan Yerusalem dan tanah Palestina tersisa pada 1967, Yerusalem terus mengalami upaya Zionisasi sementara Palestina menderita kolonisasi tanpa henti.

Semua kejahatan melawan kemanusiaan ini terus berlangsung mulus berkat perlindungan politik setiap pemerintahan Amerika Serikat lewat vetonya di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tujuan Zionis adalah memaksa penduduk Palestina keluar dari Yerusalem dan seluruh Tanah Palestina. Segala cara digunakan, dari aksi terorisme negara, blokade ekonomi, hukum apartheid, hingga pembersihan etnis.

Yerusalem dan seluruh Palestina harus dibebaskan, ditebus, dan dipulihkan sebagai tanah kebebasan, tempat masyarakat dari semua latar belakang agama dan budaya hidup berdampingan secara damai.

Sebagai bagian dari gerakan ini dan atas undangan rakyat Palestina, dari seluruh dunia telah terhimpun suatu gerakan Global March to Jerusalem (GMJ). Gerakan Global Menuju Yerusalem ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan ancaman nyata bagi Yerusalem dan seluruh Palestina oleh tangan Zionis.

Pada 30 Maret 2012, dari semua benua, akan berkumpul di sepanjang perbatasan Palestina dengan Yordania, Mesir, Suriah, dan Lebanon. Delegasi dari setiap negara di dunia akan bergabung bersama kami dalam sebuah pawai damai menuju Palestina. Ada 41 delegasi dari berbagai negara di lima benua telah menyatakan diri untuk bergabung dalam aksi Global March to Jerusalem (GMJ), termasuk Indonesia. Aksi protes akan diikuti sekitar 1 juta orang anti-penindasan dan imperialisme tak berkeprikemanusiaan Israel.

Aksi solidaritas dunia bagi Yerusalem ini akan diwujudkan dalam bentuk long march dan aksi damai yang digelar di empat negara yang berbatasan dengan Palestina; Mesir; Yordania; Suriah; dan Libanon.

GMJ bertujuan untuk menyatukan berbagai upaya umat, baik Arab, Islam, Kristen, Yahudi, dan nurani kemanusiaan dunia untuk mengakhiri kedegilan Israel atas hukum internasional dengan terus mencaplok kota Yerusalem dan wilayah-wilayah Palestina lainnya.

Untuk Indonesia, informasi selengkapnya bisa dilihat di link berikut:
GLOBAL MARCH TO JERUSALEM (GMJ) - INDONESIA OPEN RECRUITMENT

Official Website of Global March to Jerusalem: www.gm2j.com
Continue Reading...

Penyesatan Sunni-Syiah Bukan Domain Menag

IPABIonline.com - Perbedaan pandangan dalam menyelesaikan konflik antara Islam Syiah dan Sunni di Indonesia, harus dilakukan secara musyawarah untuk menemukan solusi yang tidak saling merugikan, diantara umat. Mengingat perbedaan yang ada, hanyalah cara pandang.

Demikian Pimpinan Pondok Pesantren Ashiddiqiyah KH. Noer Muhammad Iskandar SQ saat ditemui wartawan, di kediamannya di kompleks pesantren Ashiddiqiyah, kemarin.

KH. Noer Muhammad Iskandar mengaku, pihaknya belum lama ini menerima pimpinan Islam Syiah yang tergabung dalam organisasi Ahlut Bait Indonesia (ABI), yang berkunjung ke kediamannya. Mereka berharap, agar pemerintah segera menyelesaikan perbedaan yang terjadi, agar tidak lagi menimbulkan kesalahpahaman yang berujung pada tindakan anarkis.

Dimana dalam pertemuan itu, pihak ABI diantaranya Pimpinan ABI Hasan Daliel Alydrus, Ketua Dewan Syuro ABI Dr. Umar Shahab, anggota Dewan Syuro Ahmad Baraqbah, dan Sekretaris Jenderal ABI Ahmad Hidayat.

KH Muhammad Noer Iskandar membantah, pemberitaan televisi yang mengutip pernyataan Menteri Agama Suryadharma Ali, bahwa Islam Syiah sesat.

“Saya sudah bertemu Pak Suryadharma ternyata beliau tidak menyatakan, bahwa Islam Syiah sesat. Sebab penilaian sesat atau tidak sesat atas ajaran agama bukanlah domain Kementerian Agama,” kata Kyai Noer seraya menambahkan agama melarang mengkafirkan umat yang sudah mengucapkan dua kalimat syahadat.

Berpulang pada kondisi yang ada, Kyai Noer menghimbau kepada seluruh umat Islam, untuk lebih berhati-hati terhadap adanya kemungkinan upaya memecah belah kerukunan antar-umat beragama, termasuk dalam intern umat Islam sendiri. Apalagi, masalah Islam Syiah sekarang ini muncul lagi di tengah panasnya situasi politik dunia. Di mana Amerika Serikat yang akan menyerang Iran, sebagai negara yang mayoritas penganut Islam Syiah.

Berbicara tentang solusi untuk menyelesaikan konflik ini, menurut Kyai Noer, perwujudannya lewat silaturahmi. Maksudnya, pemerintah memediasi dua kelompok tersebut, melalui pertemuan dan dialog. ”Untuk musyawarah, pemerintah yang harus menjadi mediator,” tutur Kyai Noer sambil menambahkan, dengan lebih mengintensifkan silaturahmi. (IPABI Online/ummat)
Continue Reading...

Pasukan Rezim Saudi Membunuh Demonstran Lagi

Demo Qatif, menentang tirani Raja Saudi.

IPABIonline.com - Pasukan rezim Saudi menembaki para demonstran anti-pemerintah di Provinsi Timur Arab Saudi, yang menewaskan satu orang dan sedikitnya 14 lainnya mengalami luka-luka.

Insiden ini terjadi di kota Qatif, Kamis kemarin (9/2), saat pasukan rezim Saudi membubarkan aksi damai para demonstran dengan menggunakan kendaraan militer.

Beberapa orang yang terluka -- dalam tindakan brutalitas ini -- dilaporkan dalam kondisi kritis.

Pasukan rezim Al-saud telah menewaskan sedikitnya enam pengunjuk rasa sejak November 2011.

Selama ini beberapa kelompok HAM dan badan-badan internasional seperti Human Rights Watch dan Amnesty International sering mengecam rezim Saudi atas pelanggaran HAM mereka yang meluas. (IPABI Online/presstv)
Continue Reading...

Nama Islam Seperti Yusuf atau Ahmad Dilarang Masuk Singapura

IPABIonline.com - Tercatat sebanyak 1.689 warga negara Indonesia ditolak masuk ke Singapura. Otoritas Singapura juga menahan WNI yang memiliki nama Islam seperti Yusuf, Ahmad atau nama Islam lain.

“Angka penolakan di tahun 2011 sebanyak 1.689 WNI. Ini mencapai enam kali lipat dibanding warga Singapura yang ditolak masuk ke Indonesia melalui Batam dan Tanjungpinang, yang hanya 280 orang,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Kepulauan Riau (Kepri) Yusuf Riadi dalam rapat bersama Wakil Gubernur dan Komite I DPD RI di Graha Kepri, Batam, Selasa (7/2/2012).

Dari Batam dan Tanjungpinang, Kepulauan Riau, pada 2011 ditolak otoritas setempat dengan berbagai alasan. Yusuf mengatakan, alasan keamanan karena ada warga Indonesia menjadi pelaku bom bunuh diri menjadi alasan utama pelarangan masuk ke Singapura. "Sejak banyak kejadian bom, otoritas Singapura memperketat pengawasan terhadap orang Indonesia yang ingin masuk negeri tersebut," kata Yusuf.

Tidak hanya itu, menurutnya, otoritas Singapura juga menahan WNI yang memiliki nama Islam seperti Yusuf, Ahmad atau nama Islam lain terlebih apabila penampilannya dianggap mencurigakan. ‘’Kalau penampilan mereka dirasa mencurigakan, mereka dilarang masuk dan diminta kembali ke Indonesia," ujarnya.

Kendati begitu, penolakan tersebut adalah hak sepenuhnya Singapura yang tidak bisa ditolak. "Kami tidak bisa serta merta menolak dan melakukan hal yang sama. Yang bisa dilakukan hanya secara diplomasi melalui forum Asean atau forum lainnya. Itu hanya bisa dilakukan oleh pusat," kata Yusuf.

Sementara, Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo mengatakan masalah ini sebenarnya sangat menyentil rasa keadilan atas hak asasi manusia Indonesia.

“Memang selama ini pemeriksaan warga Indonesia yang ingin masuk Singapura sangat ketat dan lama. Tapi kalau warga Singapura yang masuk Indonesia melalui Batam atau Tanjungpinang malah disambut dengan berlebihan. Seharusnya kita juga melakukan mereka seperti mereka memperlakukan kita,” kata Soerya. (IPABI Online/Monitor Indonesia)
Continue Reading...

Pemerintah Beli Pesawat Intai Seharga Rp142 Miliar dari Israel

Diam-diam, Kementerian Pertahanan RI ternyata telah memesan pesawat intai tanpa awak dari Israel sejak 2004.
IPABIonline.com - Pemesanan pembelian pesawat intai Israel buatan Israel Aerospace Industries (IAI) dilakukan dengan sistem pemesanan melalui perusahaan asal Filipina, Kital Philippine Corporation (KPC).

Dalam prosesnya, setelah memesan dua tahun sebelumnya, Kemhan lalu menandatangani kontrak pemesanan pada tahun 2006 melalui perusahaan tersebut.

Hal tersebut diakui Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), Syafrie Syamsuddin, di sela-sela workshop internasional Kemhan RI dengan Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dikantor Kemhan, Jakarta, Kamis (9/2/2012). "Kontraknya sudah tahun 2006, tahun ini dikirim. Pesawat intai ini teknologinya borderless atau tidak ada batas teritorialnya," terang Syafrie.

Dia menyebutkan, pesawat sesuai kontrak pemesanan akan datang tahun ini. Hanya saja ia tidak menyebut secara tegas bulan apa pesawat itu datang, termasuk banyaknya pemesanan pesawat. Adapun mengenai harga per unit pesawat intai tanpa awak mencapai 16 juta dolar AS atau setara dengan Rp 142 miliar.

Syafrie menguraikan, setiap kali melakukan operasi intelijen ke negara tetangga, pemerintah kerap menggunakan pesawat intai pinjaman. Karena kebutuhan itu, pemerintah yang mempunyai anggaran lebih kemudian mengalokasikan pembelian pesawat tersebut melalui perusahaan dari Filipina.

Pemesanan dilakukan setelah pihaknya melihat simulasi dan teknologi pesawat intai dari Belanda, Rusia, dan Israel. Pilihan Kemhan jatuh ke Israel karena teknologinya dianggap lebih canggih.

Itu sebabnya, Syafrie sangat yakin pembelian pesawat itu tidak salah pilih, apalagi teknologinya diketahui mampu melakukan operasi intelijen di atas udara hingga 15 jam. Bahkan, pesawat Israel tersebut juga mampu terbang menjelajah hingga radius 250 kilometer. (IPABI Online/Monitor Indonesia)
Continue Reading...

Pesawat Kepresidenan Dipesan dari AS Seharga Rp 825 Miliar

Di ketinggian 10500m dipesawat kepresidenan, Presiden SBY mengajak rombongan dan wartawan bernyanyi bersama lagu ciptaannya, setelah mengikuti Sidang Majelis Umum PBB, New York, Jumat (28/9).
IPABIonline.com - Istana Kepresidenan RI telah memutuskan membeli pesawat khusus Kepresidenan RI. Pesawat dijadwalkan tiba di tanah air dan bisa digunakan pada Agustus 2013 mendatang. Pesawat jenis Boeing Bussiness Jet 2 Green Aircraft ini dipesan khusus di Amerika Serikat. Saat ini pemesanan dalam tahap desain.

Sekertaris Kementerian Sekretaris Negara, Lambok Nahatan, kepada pers di kompleks Istana Presiden Jakarta, Kamis (9/2/2012), mengatakan pesawat jenis ini termasuk cabin security tidak dirancang sebagaimana pesawat pribadi.

"Yang dilihat seakan-akan semacam pesawat pribadi yang luar biasa. Tidak seperti itu. Tidak dirancang pesawat pribadi khusus," kata dia.

Namun diakui desain pesawat dibuat dengan ruangan-ruangan tertentu untuk para ajudan dan pengawal Presiden serta penumpang lainnya. "Karena Presiden tidak ingin super mewah. Tapi bisa memenuhi kebutuhan kegiatan Presiden. ini tidak dirancang semacam super lux," katanya.

Mei 2012 ini direncanakan pesawat ini akan diisi dan dikerjakan pada tahap berikutnya dengan cabin interior dan cabin security. "Boeing itu cabin untuk biasa. Tapi pemesanan khusus harus perusahaan lain," katanya.

Setelah itu dilakukan pemasangan tangki oleh completion center yang berpengalaman mengerjakan cabin interior dan memasang security system pesawat untuk VVIP pada 2012-2013.

"Untuk cabin dan security system sedang proses pelelangan," katanya.

Pesawat yang kelak digunakan Presiden SBY dan Presiden berikutnya itu dibeli menggunakan dana APBN seharga 91,2 juta dolar AS atau sekitar Rp 825 miliar. (IPABI Online/tribunnews)
Continue Reading...

Ahmadinejad: Persatuan, Tawakkal Kepada Allah Swt, dan Strategi yang Matang Merupakan Sarana Menghadapi Musuh


IPABIonline.com - Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad menyeru agar dunia Islam bersatu membongkar program terencana kekuatan arogan dunia untuk mempertahankan Rezim Zionis Israel.

"Amerika Serikat dan sekutunya berusaha mengobarkan perang baru di kawasan dan mematahkan perlawanan muqawama. Kami yakin persatuan, tawakal kepada Allah Swt dan strategi yang matang merupakan sarana untuk menghadapi mereka," ujar Ahmadinejad saat menerima kunjungan Mufti Suriah, Dr Ahmad Badruddin Hassoun (Rabu 8/2).

Menurut dia, problema global saat ini sangat kompleks. Ahmadinejad menegaskan, kekuatan arogan tidak menghendaki kebahagiaan serta kehormatan manusia. ''Mereka dengan berbagai cara berusaha memanfaatkan setiap kesempatan untuk memusuhi bangsa-bangsa lain,'' cetusnya.

Ahmadinejad juga mengkritisi sikap sejumlah pemimpin negara Islam yang mengekor kebijakan Barat demi mencapai kekuasaan.

Menurut dia, kekuatan arogan dunia -- Amerika Serikat dan sekutunya -- menjalankan strateginya melalui pemimpin-pemimpin negara Islam yang menginginkan kekuasaaan. Ia menegaskan, para pemimpin seperti itu hanya memikirkan ego, kekuasaan, dan kekayaannya.

''Saya yakin pengkhianat rakyat seperti itu akan dicatat dalam sejarah," tegas Ahmadinejad.

Mufti Suriah, Dr Ahmad Badruddin Hassoun menyebut Republik Islam Iran sebagai simbol persatuan Dunia Islam.

"Ketika pidato di Majelis Umum PBB, presiden Iran mengawalinya dengan membaca Basmalah serta shalawat kepada Nabi. Kepada jamaah shalat Jumat saya mengatakan bahwa presiden Iran telah menyampaikan pesan Rasulullah kepada seluruh bangsa dunia melalui Majelis Umum PBB," ungkap Dr Ahmad Badruddin Hassoun. (IPABI Online/irib)
Continue Reading...

Tikus Berkeliaran di Pangkalan Militer, Tentara Israel Takut Tak Bisa Tidur

IPABIonline.com - Pangkalan Bersyeba, yang merupakan rumah sebagian besar tentara perempuan Israel IDF (Israel Defense Force), telah menghadapi serangan tikus selama lima bulan terakhir, surat kabar Yedioth Ahronoth melaporkan Rabu kemarin (8/2).

“Ini mengerikan. Mereka berkerumun di kantor, kamar tidur, ruang makan dan sistem pembuangan limbah,” kata seorang tentara di pangkalan tersebut. Para tentara telah mengeluh kepada berbagai pejabat baik militer maupun sipil, namun perang dengan tikus – yang mencakup upaya pemusnahan dan perangkap – masih gagal mengatasi masalah ini.

“Upaya yang dilakukan tidak berhasil dan tikus-tikus berkeliaran dengan bebas di sekitar kami. Kami sangat takut bahwa kami tidak dapat tidur di malam hari,” kata seorang tentara.

Kantor Jurubicara IDF sendiri mengatakan bahwa masalah ini sedang ditangani oleh pihak berwenang.

“Pada saat ini semakin sedikit tikus di luar sana, dan lebih banyak tindakan akan diambil untuk menghilangkan fenomena tersebut,” kata juru bicara IDF. (IPABI Online/fimadani)
Continue Reading...

Setiap Hari Selasa, Ratusan Tahanan Palestina Lakukan Aksi Mogok Makan

IPABIonline.com - Sedikitnya 700 tahanan Palestina di penjara Raymond ‘Israel’ melancarkan aksi mogok makan mulai hari Selasa (7/2/2012) dalam rangka memprotes buruknya kondisi penahanan.

Dalam keterangan persnya pada Senin (6/2/2012) lalu, Kementerian Tahanan di Gaza mengatakan bahwa mogok makan akan dilakukan setiap hari Selasa dan frekuensinya akan ditambah jika pihak penjara tidak memenuhi tuntutan mereka.

Para tahanan menulis sekitar sembilan tuntutan kepada pihak penjara. Tuntutan yang utama adalah meniadakan sel isolasi (kurungan soliter). Tuntutan lainnya, seperti mengembalikan semua tahanan yang berada di sel isolasi ke bangsal, mengizinkan kunjungan keluarga yang sudah enam tahun terakhir ini dilarang, izin menelepon kerabat.

Kemudian tuntutan perbaikan kondisi makanan di kantin penjara dan meningkatkan kualitas pelayanan medis. Menurut pihak kementerian, jika tuntutan-tuntutan ini diabaikan sangat mungkin aksi mogok makan meluas ke penjara-penjara lainnya.

Sementara itu, pemimpin gerakan perlawanan di Tepi Barat, Islamic Jihad, Khader Adnan sampai hari Senin kemarin telah memasuki hari ke-51 mogok makan sejak 17 Desember lalu. Adnan yang saat ini dalam kondisi kritis ditangkap tanpa melewati proses hukum (penahanan administrasi).

Seperti dikutip dari laman electronicintifada.net, Kelompok Hak Asasi Manusia (HAM) Amnesty Internasional kemarin telah mendesak ‘Israel’ untuk membebaskan Adnan. Dalam pernyataannya, wakil Direktur Amnesty Internasional, Ann Harrison mengatakan, selama bertahun-tahun ‘Israel’ melakukan penahanan administrasi kepada para aktivis internasional.

“Proses ini melanggar hak mereka atas pengadilan yang adil yang dijamin oleh hukum internasional dan ‘Israel’ wajib menegakkan hukum internasional,” tuturnya. (IPABI Online/Sahabat Alaqsha)
Continue Reading...

Dengan Tindakan Permusuhan, Israel Bangun Awal Kehancurannya

Entitas Israel terkait erat dengan tindakan permusuhan, kejahatan, rasisme, terorisme dan tindakan pembantaian. Politik jahat semacam ini membedakan eksistensi zionis Israel sejak negara mereka berdiri. Negara itu mereka dirikan melalui para mafia bersenjata yahudi. Sejak didirikan hingga saat ini.

Israel tidak pernah ragu-ragu sekalipun menggelar perang dan permusuhan. Bukan saja terhadap warga Palestina, namun terhadap bangsa Arab secara keseluruhan. Bahkan hingga pasca “konsesi” resmi yang diberikan oleh peneken (perunding) Palestina terhadap kesepakatan Oslo dan kesepakatan-kesepakatan setelah itu. Setelah konsesi-konsesi (sikap mengalah) Arab melalui “prakarsa perdamaian Arab”, Israel menolak prakarsa. Bahkan lebih jauh dari itu, Israel menambahkan syarat lain; menuntut Palestina dan Arab tunduk kepada tuntutan keamanan Israel dan menerima Israel sebagai negara yahudi.

Perlu ditegaskan, siapapun yang menggambarkan Israel tanpa ciri khas fasis dan nazi itu, maka sama saja dia meminta gerakan zionis melepaskan diri dari ideologi dasarnya. Ini mustahil. Proyek zionis Israel yang ingin mencerabut Palestina dari tanah air mereka adalah setetes di tengah lautan permusuhan dan kejahatan Israel. Israel tak cukup menjajah Palestina, tidak akan cukup, sekarang atau yang akan datang. Dari sinilah terbentuk, Jordania (sebagai misal tidak membatasi) menurut zionis sebagai negeri pengganti bagi pengungsi Palestina. Berdasarkan prinsip ini, proyek negara Israel raya berangkat. Bibitnya disemai oleh partai-partai kanan Israel yang semakin besar perannya dan pengaruhnya di publik Israel.

Namun agaknya memang saat ini proyek “Israel raya” bisa jadi berjalan di tempat dan tidak mampu mendapatkan jajahan geografi baru. Ingat pernyataan Rabbin ketika bahwa dirinya menangis ketika Israel menjajah Tepi Barat, Gaza, Sinai dan dataran tinggi Golan di tahun 1967. Ia menangis karena pasukan Israel tidak mampu menguasai semua wilayah itu.

Di sisi lain, faktor rakyat Arab yang mengalami kelesuhan dalam beberapa dekade, kemudian sekarang mulai mengalami perubahan. Salah satu jargon yang lahir dalam aksi unjuk rasa rakyat Arab adalah “hadang Israel dan perangi”. Karenanya, massa dari rakyat Mesir mengepung kedutaan Israel di Kairo dan menurunkan benderanya. Setelah itu, mereka mengibarkan bendera Mesir dan Palestina sebagai gantinya. Sebab permasalahan Palestina hadir dan akan tetap hadir dalam setiap aksi massa di kalangan Arab.

Perubahan di Arab ini menjadi keresahan sendiri bagi Israel. Baik di kalangan politisinya dan militernya. Perubahan itu sudah pasti akan berperan penting dan menentukan dalam mengembalikan konflik ke titik awal. Karenanya, implikasi dari perubahan saat ini di dunia Arab sedang dibahas dalam konfrensi strategi Hertezelia terakhir atau yang ke 12.

Di kalangan Israel, kolumnis, wartawan dan politisi, terjadi polemik soal masa depan negara mereka ini, bahaya yang mengancam dan kemungkinan hilangnya negara ini. Abraham Bozg, mantan ketua Knesset Israel memprediksi tentang akhir Israel.

Ini untuk pertama kalinya muncul pembicaraan soal “akhir Israel”. memang benar hanya polemik. Namun kejahatan Israel berperan penting bagi pihak-pihak yang berkonflik (Palestina dan Arab) untuk membangun kembali titik awal konflik yang didasarkan kepada strategi; pentingnya mengakhiri Israel sebagai “fenonema” kejahatan dan selalu memusuhi yang tidak mungkin bisa hidup bersanding.

Sejarah membuktikan fenomena Nazi, Fasis dan elit-elit yang membangun kekuasaan militernya dan menjajah negeri lain dengan paksa. Mereka menggelar peperangan terhadap bangsa lain di dunia; dari Hulagu Khan, Napoleon, Musolini, dan lain-lain. Bangsa dunia tidak akan bisa bersahabat dengan mereka karena tindakan pemusuhannya yang kekal.

Akhirnya bangsa terjajah itu bangkit membela diri dan hak-haknya. Para penjajah akhir harus tumbang dan terbuang di sampah sejarah.

Dalam sejarah juga ada rezim-rezim otoriter dan rasis. Contoh terdekat adalah rezim rasis di Afrika Selatan. Bagaimana akhirnya?

Yang mengenaskan, Israel menghimpun segala kejahatan penjajah dan rezim-rezim rasis itu. Bahkan jauh lebih dahsyat kejahatannya. Mereka mencerabut warga asli dari negeri mereka dan melakukan pembersihan etnis. Setelah itu mereka mendatangkan orang asing menempati tanah milik warga aslinya, dengan cara yang sangat rasis.

Tindakan permusuhan Israel tidak akan berhenti. Sebab itu adalah ciri khasnya. Jika bangsa-bangsa dunia tidak bisa hidup di bawah atau berdampingan dengan para penjajah, rezim rasis, maka tidak mungkin kita bisa hidup dibawah atau berdampingan dengan Israel. karenanya, Israel sebebarnya telah membangun awal kehancurannya sendiri. (*)

Oleh: Dr. Fayez Syamalah, El-Haleej Emira.
Continue Reading...

Media Inggris Sengaja Sebarkan Propaganda Anti-Islam

IPABIonline.com - Media massa Inggris sengaja menyebarkan propaganda anti-Islam. Menurut mantan jurnalis Daily Star Inggris, Richard Peppiatt, para editor media Inggris menekan wartawan mereka untuk menyebarkan pesan bahwa Islam dan kaum Muslim merupakan ancaman bagi masyarakat.

“Editor di beberapa tabloid memaksa wartawan mereka untuk membuat cerita yang menunjukkan bahwa Muslim dan imigran yang tinggal di Inggris telah mengancam masyarakat,” katanya seperti dikutip Press TV dan Antara. Ia menekankan, cerita yang dibuat menjadi lebih umum berdasarkan kasus pengeboman London pada 7 Juli 2005 dan serangan 11 September 2011 di Amerika Serikat.

“Sejak peristiwa 7/7 dan 9/11, kaum Muslim telah dicap di tabloid sebagai ‘Baddy Kartun’ (penjahat). Atas kejadian itu, seseorang perlu disalahkan. Dan sayangnya, itu adalah umat Islam yang dipilih untuk digambarkan sebagai ‘penjahat’,” kata Peppiat, Selasa (7/2).

Peppiat menyatakan, artikel yang berisi penghinaan Muslim tersebut diterbitkan oleh koran yang berpengaruh di Inggris. Akibatnya, hal itu berperan langsung pada kehidupan rakyat dan menyebabkan kekerasan di jalanan. Ia juga mengatakan, karena pemberitaan itu, para imigran terkena efek negatif dan menyebabkan kekerasan di jalanan. (IPABI Online/pusdai)
Continue Reading...

Lagi, Hacker Saudi "Serang" Situs Milik Israel

IPABIonline.com - Perang kini tak lagi hanya fisik. Dunia maya, menjadi lahan baru “perang” antar Negara. Sebuah aliansi hacker Saudi mengumumkan bahwa mereka berhasil membobol situs koran Yediot Aharonot Israel. Sejumlah media Israel, Rabu (08/02/2012) menjelaskan bahwa ini kali kedua situs berita dibobol hacker Saudi.

Sebelumnya, 16 Januari 2011 lalu, jaringan hacker Arab Saudi telah melumpuhkan situs-situs bursa saham Israel dan maskapai nasional.

Aksi peretas Saudi itu meningkatkan ketegangan perang dunia maya internasional yang menyentak negara dengan obsesi keamanan besar tersebut.

Peretas yang menyebut diri sebagai grup-xp, mengklaim telah mendapat data 450 ribu kartu kredit Israel. Grup tersebut menyebut aksi itu sebagai 'hadiah terhadap dunia untuk Tahun Baru' yang ditujukan untuk 'mencederai kantung Zionis'.

Otoritas Israel mengonfirmasi 15 ribu akun telah dibajak dalam episode serangan tersebut dan informasi mengenai 6 ribu kartu kredit Israel lain telah dibuat offline beberapa hari kemudian oleh jaringan hacker yang sama.

Para pakar mengatakan Israel adalah target utama bagi penyerang online yang menentang negara Yahudi dan kebijakan terhadap Palestina. Namun sejauh ini belum ada laporan yang mengonfirmasi bahwa situs-situs penting Israel dengan informasi sensitif yang berhasil dibobol. (IPABI Online/hidayatullah)
Continue Reading...

Seri Hak-hak Asasi Manusia dalam Pandangan Imam Sajjad as - Hak-hak Kerabat 2-3


2. Hak Ayah
Adapun hak ayahmu, maka ketahuilah dia adalah asalmu, dan bahwasanya kamu adalah cabangnya, dan bahwasanya kamu tanpanya tidak akan ada (di dunia ini). Apa pun yang kamu lihat pada dirimu di antara hal yang menyenangkanmu, maka ketahuilah bahwa ayahmu adalah asal nikmat yang ada padamu itu. Oleh karena itu, hendaklah kamu memuji Allah dan bersyukurlah kepada ayahmu atas semua itu. Dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

3. Hak Anak
Adapun hak anakmu, maka ketahuilah bahwasanya dia adalah darimu dan digabungkan kepadamu di dunia ini, baik dalam kebaikannya maupun keburukannya, dan bahwasanya kamu bertanggung jawab atas apa yang diwajibkan kepadamu terhadapnya, yaitu mengajarkannya adab yang baik, menunjukkan kepada Tuhannya, dan membantunya untuk taat kepada-Nya, baik berkenaan denganmu maupun dirinya. Maka, kamu akan diberi pahala atas hal itu (jika melaksanakan hal itu) dan disiksa (jika meninggalkan kewajiban tersebut). Dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Diterjemahkan dari Risâlah al-Huqûq
Karya Imam ‘Alî Zainal ‘Âbidîn
Continue Reading...

Strategi Musuh Memecah Belah Umat di Dunia Maya

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah situs dan weblog diluncurkan atas nama mazhab Syiah dan Ahlu Sunnah. Situs-situs itu umumnya punya misi tidak baik dan dibuat oleh orang-orang yang fanatik dan ekstrim. Kebanyakan situs-situ tersebut selain tidak membantu menyebarkan syiar-syiar agama, tapi justru menyebabkan skeptisisme Muslim satu sama lain dan membuat senang para pemimpin sistem imperialisme khususnya Amerika Serikat, Inggris dan rezim Zionis Israel.

Selama bertahun-tahun, sistem imperialis dan rezim Zionis Israel telah merancang banyak program dengan berbagai skenario untuk menciptakan perang fisik dan verbal khususnya di dunia maya antara Syiah dan Ahlu Sunnah. Sebagaimana kita saksikan pernyataan Presiden Israel Shimon Peres tentang isu yang berhubungan dengan Hizbullah Lebanon dan Mesir. Ia mengatakan, "Ada harapan terkait kemungkinan pecahnya perang antara Syiah dan Ahlu Sunnah."

Kekuatan-kekuatan besar tengah berupaya menghalangi kemajuan ekonomi dan industri negara-negara Islam terutama Republik Islam Iran. Mereka dengan murah hati memberi bantuan teknologi komunikasi kepada para agen-agennya untuk menciptakan konflik sektarian dan perang etnis di negara-negara Islam.

Kongres Amerika menyetujui anggaran untuk mendukung situs-situs pemecah belah umat itu. Kini kebanyakan jaringan televisi, surat kabar dan situs publik di internet menerima bantuan tersebut untuk menanamkan benih-benih fitnah dan kelicikan di dunia Islam. Misi mereka membenarkan mazhab tertentu dan menyesatkan mazhab lain.

Pihak-pihak yang menerima bantuan dolar Amerika menaburkan benih-benih perpecahan umat dalam buku-bukunya atas nama Syiah atau Ahlu Sunnah. Mereka bahkan mengutip hadis atau peristiwa sejarah untuk mengkafirkan kelompok tertentu.

Para Imam maksum as tidak pernah rela terhadap orang-orang yang menghina atau melecehkan saudara seagama atas nama Syiah dan dengan dalih menyebarkan budaya Ahlul Bait as. Sebagaimana kita juga belum pernah melihat bahwa seorang ulama Ahlu Sunnah menyatakan kesenangannya atas pelecehan terhadap sakralitas umat Islam. Kita tidak memungkiri adanya perbedaan agama dan mazhab, namun cara yang benar untuk menjelaskan kebenaran adalah menggelar forum-forum ilmiah dan dialog rasional yang melibatkan para tokoh dan ulama. Karena intimidasi, teror, pengkafiran, dan penyebaran pemikiran-pemikiran ekstrim akan berdampak sangat berbahaya bagi umat Islam.

Pemimpin negara-negara Islam, para cendekiawan Muslim dan juga mayoritas pengikut Ahlu Sunnah merasa terhina dengan tindakan-tindakan kelompok Salafi, Takfiriyah, dan Wahabi. Kini mereka berusaha membatasi penyebaran faham itu dan secara resmi menyatakan kebencian dan ketidaksenangannya atas ulah kelompok-kelompok tersebut. Faktanya mereka menganggap faham Wahabi dan Takfiriyah sebagai musibah bagi umat Islam dan hal yang telah mencoreng citra Islam di mata dunia. Pemikiran dan tindakan sekte-sekte itu membuat warga Eropa dan Amerika memandang negatif Islam dan Rasul Saw.

Kami menganggap penggolongan para pengikut Ahlu Sunnah ke dalam sekte-sekte sesat tersebut sebagai langkah yang tidak kompeten dan keliru. Demikian juga dengan orang-orang yang mengaku pengikut Syiah dan secara tidak sadar bersikap ekstrim serta menghina sakralitas dan para tokoh Ahlu Sunnah. Tidak tepat jika kita memperkenalkan Ahlu Bait as secara sempit dan menilai mereka hanya milik orang-orang Syiah. Ahlul Bait as milik umat manusia. Mereka ibarat pohon yang dipenuhi buah dan siapapun berhak memetik buah itu untuk menghilangkan dahaganya. Rasul Saw dan Ahlul Bait as selain panutan umat Islam, juga teladan bagi kebanyakan pengikut Zoroaster, Kristen, Hindu dan umat-umat lain. Menurut ucapan ulama Syiah terkemuka Ayatullah Sayid HosseinBoroujerdi, Syiah dan Ahlu Sunnah punya lebih dari 80 persen kesamaan dalam konsep dan keyakinan bergama. Lalu apakah layak kita menghabiskan banyak energi untuk menghantam satu sama lain.

Lebih dari tiga ribu situs dan weblog milik kelompok Wahabi dan Salafi melakukan serangan siang-malam terhadap Syiah. Mereka gencar menyebarkan kebohongan dan keragu-raguan di tengah umat. Jika situs-situs itu digunakan untuk menyebarkan Islam dan memperkenalkan Rasul Saw dan kitab suci al-Quran, tentu punya pengaruh besar dalam memperluas penyebaran ajaran-ajaran Islam di seluruh penjuru dunia. Padahal kini lebih dari lima ribu sekte di dunia melakukan aktivitasnya terhadap faham Monoteisme dan Tauhid khususnya Islam. Beberapa dari mereka juga menyampaikan pesan-pesannya lewat situs dan weblog.

Saat ini umat manusia membutuhkan cita-cita dan nilai-nilai luhur Islam. Sayangnya kini mayoritas situs dan weblog atas nama Syiah dan Ahlu Sunnah dipenuhi dengan kebohongan, penghinaan dan umpatan. Langkah ini sama sekali tidak membantu menyebarkan ajaran Islam dan mazhab Syiah dan Ahlu Sunnah. Sekarang opini publik dunia sudah lelah dengan pertikaian dan arogansi kekuatan-kekuatan imperialis, mereka ingin mencari kedamaian dan kehidupan yang dibarengi dengan kebahagiaan dan perdamaian. Karena itu kita berkewajiban menghadiahkan keceriaan dan persahabatan kepada dunia berdasarkan ajaran-ajaran Rasul Saw. (IPABI Online/IRIB Indonesia)
Continue Reading...

Persiapan Hadapi Israel, 3 Ribu Perempuan Iran Berlatih Ninjutsu


IPABIonline.com - Masyarakat Iran telah mempersiapkan segala kemungkinan terjadinya serangan Barat dan Israel terhadap negara mereka. Salah satu persiapan itu adalah melatih perempuan Iran bela diri ala ninja.

Pelatih Ninjutsu, Fatima Muamer mengatakan olahraga semakin menarik minta perempuan Iran karena mampu menjaga kesimbangan antara tubuh dan pikiran. Namun, alasan lain adanya rencana Israel menyerang Iran membuat perempuan Iran terpanggil untuk membela negara mereka. "Mereka pun memilih ninjutsu," kata dia seperti dikutip dailymail, Rabu (8/2).

Muamer mengatakan ada sekitar 3.000 perempuan Iran turut dalam latihan bela diri yang diasuhnya. Jumlah itu, kata dia, bakal terus bertambah mengingat dunia barat dan Israel seolah menunggu waktu menyerang Iran.

Dalam pelatihan Ninjutsu, kata Muamer, perempuan Iran diberikan pengetahuan betapa pentingnya rasa hormat dan kerendahan hati. "Mereka diajarkan bagaimana menghargai diri mereka sendiri guna menghormati keberadaan mereka, dan selanjutnya mereka mendalami betapa pentingnya ketenangan," kata dia.

Tidak hanya filosofi saja, lanjut Muamer, perempuan Iran juga diajarkan penggunaan senjata berbahaya seperti busur, pedang, dan nunchucks, semajam pedang berukuran kecil.

Perlu diketahui, Ninjutsu bukanlah olahraga yang asing bagi masyarakat Iran. Sebab, Akbar Faraji telah memperkenalkan bela diri ini ke Iran saat membuka klub Ninjutsu 22 tahun lalu. Kini, jumlah anggotanya mencapai 24.000 orang.

"Ninjutsu sebagaimana bela diri lainnya selalu berbicara kesabaran, toleransi, dan ketabahan," kata Faraji.

Ninjutsu dianggap salah satu bentuk bela diri mematikan. Di Jepang, Ninjutsu identik dengan agen rahasia dan tentara bayaran. (IPABI Online/republika)

Continue Reading...

Sekjen Hizbullah: Kekuatan Arogan Tidak Ingin Persatuan Di Kalangan Umat Islam

IPABIonline.com - Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayed Hasan Nasrallah, menyerukan persatuan Islam dan memuji Iran. Ia memuji karena dukungan Iran terhadap gerakan perlawanan Lebanon.

Seruan dan pujian ini Ia sampaikan dalam pidato memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, melalui video di Beirut. Sayed Hasan menyerukan persatuan di kalangan umat islam dan mencatat, "kekuatan arogan tidak ingin persatuan dikalangan umat Islam," katanya, Selasa (7/2).

Sayed Hasan juga mengecam upaya negara manapun yang merepresentasikan citra negatif pada Iran. "Satu-satunya kesalahan Iran adalah, Ia menggulingkan Syah Reza Pahlevi, mata-mata untuk AS dan Israel, tapi keseimbangan segera dipulihkan dikawasan itu," kata Sayed Hasan.

Sayed Hasan juga menolak klaim bahwa Iran sedang mempromosikan 'Syiah Ekspansionisme' di seluruh dunia dan Ia mengecam Amerika atas dukungannya pada Israel. Ia juga mengatakan bahwa Washington hanya memiliki dua masalah di Timur Tengah, yaitu Israel dan Minyak," tambahnya. (IPABI Online/republika)
Continue Reading...

Presiden SBY: Mari Kita Bergandengan Tangan, Rukun dan Bersatu

IPABIonline.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyoroti dunia Islam dan negara-negara dengan mayoritas muslim sedang mengalami perubahan dalam membangun tatanan kehidupan baru.

Menurut Presiden, di kawasan Afrika Utara dan Timur Tengah, tuntutan kehidupan demokrasi yang luas makin mengemuka.

"The Arab Spring menjadi identitas baru bagi gerakan politik dan demokrasi di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, yang mengubah dengan cepat lanskap politik di kawasan itu," kata Yudhoyono dalam pidato peringatan Maulid Nabi di Istana Negara, Senin 6 Februari 2012.

Menurut dia, dalam konferensi parlemen negara-negara anggota OKI di Palembang beberapa waktu lalu, Indonesia menyerukan kepada bangsa-bangsa yang tengah melakukan perubahan besar itu, termasuk dunia internasional, agar dapat dilakukan secara arif, damai, sesuai dengan cita-cita dan aspirasi bangsa itu sendiri.

"Pada kesempatan yang amat baik ini, saya ingin mengajak kaum muslimin dan muslimat di seluruh tanah air untuk menjadikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai momentum untuk meningkatkan toleransi, kebersamaan, dan meningkatkan pemahaman ajaran agama yang benar," kata dia.

Menurut SBY, peradaban Islam yang luhur dan agung, peradaban yang dilandasi oleh nilai-nilai Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW. Peradaban Islam diperkaya oleh pemikiran para ulama besar dari zaman ke zaman. Selain itu, peradaban yang benar-benar merupakan manifestasi dari konsep Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin.

"Mari kita tunjukkan kembali jati diri dan akhlak bangsa yang mulia. Mari kita redam silang pendapat yang mengedepankan ego kita masing-masing. Mari kita jauhkan iri, dengki, dan fitnah. Sebaliknya, mari kita bergandengan tangan, rukun dan bersatu," kata dia.

Yudhoyono menyentil aksi segelintir pemeluk Islam yang mengatasnakan agama memaksakan kehendak. Menurutnya, hal itu merupakan kesalahan. "Di beberapa kesempatan sering saya sampaikan, bahwa banyak yang salah mengerti tentang ajaran Islam," ujarnya.

Kesalahan pengertian ini, lanjutnya, bukan hanya dari kalangan yang tidak beragama Islam, tetapi juga oleh sebagian umat Islam sendiri. Perilaku dan tindakan sebagian amat kecil umat Islam, yang nyata-nyata bertentangan dengan ajaran Islam, dan bertentangan dengan apa yang dilakukan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW itulah, membikin citra Islam menjadi buruk.

"Kesalahan dan penyimpangan yang dilakukan oleh sebagian umat Islam itulah, yang kemudian digeneralisasi dan bahkan disimpulkan sebagai ajaran Islam yang sesungguhnya. Padahal, jelas bukan seperti itu ajaran Islam," katanya.

Presiden mengajak segenap umat Islam di seluruh tanah air, untuk membebaskan negeri ini dari perilaku dan tindakan yang menyimpang dari ajaran Islam, dan yang menyimpang dari yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

"Jauhkanlah sikap tidak toleran, tindakan kekerasan, apalagi terorisme, dan berbagai perilaku yang menyimpang dan penuh kemaksiatan agar kita bisa memutus rantai kesalahan pengertian pihak manapun terhadap keagungan nilai dan ajaran Islam yang sejati," tuturnya. (IPABI Online/vivanews)
Continue Reading...

Hamas Fatah Bersatu, Israel Geram

IPABIonline.com - Pemerintah Israel tak bisa menutupi kekesalannya dengan langkah Pemerintah Palestina, yang dikuasai oleh Kaum Fatah, merangkul kaum Hamas.

Hal itu terlihat dari pernyataan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu selang beberapa jam setelah Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan akan memimpin pemerintahan gabungan sementara diantara Hamas dan Fatah.

Ia meminta Pemerintah Palestina memilih perjanjian dengan Hamas "atau perdamaian dengan Israel".

"Hamas dan perdamaian tidak bisa berjalan bersama-sama, Hamas merupakan organisasi teror dan bertujuan merusak Israel," ujar Benjamin seperti dikutip dari BBC, Selasa (7/2/2012).

AS dan Israel selama ini menuding Hamas sebagai organisasi teroris yang menentang upaya rekonsiliasi di Palestina.

Bulan lalu, Israel dan Pemerintah Palestina menggelar pertemuan pertama kali sejak lebih dari setahun yang lalu, tanpa membuat kemajuan yang berarti.

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dan dan pemimpin Hamas, Khaled Meshaal, sebelumnya bertemu di Qatar untuk mengupayakan rekonsiliasi di antara dua belah pihak, pada bulan April 2011.

Hasil dari pembicaraan itu, kedua belah pihak bersepakat untuk mengkahiri konflik diantara mereka selama ini, dan akan membentuk Pemerintah gabungan, hingga digelar pemilihan umum di Tepi Barat dan Gaza dalam beberapa bulan mendatang.

Rencana itu akan diumumkan pada 18 Februari mendatang di Kairo, seperti disampaikan oleh pejabat Fatah kepada Kantor Berita AFP.

Laporan sementara menyebutkan, pemerintah akan diisi oleh teknorat dan kelompok independen.

Menurut Mahmmoud Abbas menyebutkan dua pihak serius untuk menyatukan secara politik. (IPABI Online/tribun)
Continue Reading...

Perancis, Yunani, Jerman dan Italia Bujuk Iran Tak Hentikan Ekspor Minyak

IPABIonline.com - Seorang anggota parlemen senior Iran, mengatakan para utusan dari empat negara Eropa berkunjung ke Teheran. Mereka menyerukan sebuah revisi tentang rencana Republik Islam Iran untuk menerapkan larangan ekspor minyak mentahnya ke Eropa.

Wakil Ketua Majlis Komite Energi Iran, Nasser Soudani mengatakan, "Sejauh ini para duta besar dari beberapa negara Eropa seperti Perancis, Yunani, Jerman dan Italia telah menyerukan pada kita (parlemen Iran) untuk menahan diri, agar tidak menghentikan ekspor minyaknya ke Eropa. "katanya, Sabtu (4/2).

Pada hari Sabtu (28/1) lalu, Majlis Komite Energi mengatakan telah menyelesaikan rancangan undang-undang untuk mengakhiri ekspor minyak negara itu ke negara anggota Uni Eropa.

Pada 23 Januari lalu di Brussels, para menteri luar negeri Uni Eropa menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran yang mencakup larangan membeli minyak dari negara itu, membekukan aset Bank Sentral Iran dalam Uni Eropa, dan larangan penjualan berlian, emas dan logam berharga lainnya ke Iran. (IPABI Online/republika)
Continue Reading...

Seri Hak-hak Asasi Manusia dalam Pandangan Imam Sajjad as - Hak-hak Kerabat 5



5. Hak Saudara
Adapun hak saudaramu, maka ketahuilah bahwasanya dia adalah tanganmu yang kamu kuasakannya, punggungmu yang kamu berlindung kepadanya, kemuliaanmu yang kamu bersandar kepadanya, dan kekuatanmu yang kamu menjadi kuat dengannya. Oleh karena itu, janganlah kamu menjadikan saudaramu itu sebagai senjata untuk bermaksiat kepada Allah dan tidak pula sebagai alat untuk suatu kezaliman berkenaan dengan hak Allah, dan janganlah pula kamu meninggalkan pertolongan kepadanya dan membantunya terhadap musuhnya. Hendaklah kamu memisahkan antara dirinya dan setan-setannya dan memberikan nasihat kepadanya serta peduli kepadanya karena Allah. Jika dia tunduk kepada Tuhannya dan menerima nasihatmu dengan baik, maka itulah yang lebih baik baginya. Akan tetapi, jika dia menolak, maka hendaklah Allah lebih berpengaruh padamu dan lebih mulia di sisimu daripadanya. Dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. []

Diterjemahkan dari Risâlah al-Huqûq
Karya Imam ‘Alî Zainal ‘Âbidîn
Continue Reading...

Inspirasi Besar: Mahasiswa Harus Bangun Solusi

Setidaknya, ada ribuan protes mahasiswa dari berbagai macam kampus dan latar belakang yang berbeda. Tentunya, protes-protes itu ditujukan kepada pemerintah dalam upaya pemberdayaan ekonomi dan perbaikan kesejahteraan masyarakat. Belum lagi, protes akibat koruptor yang merajalela, sampai-sampai negeri ini identik dengan istilah ‘sarang korupsi’ bagi masyarakatnya sendiri.

Mahasiswa yang sejak awal diterima oleh sebuah kampus, pasti terkenal dengan orang-orang yang kritis dan mempunyai integritas yang tinggi. Mampu berfikir secara terbuka dengan gaya yang khas di mata masyarakat. Istilah ‘demo’ mungkin tidak terlepas dari jiwa-jiwa mahasiswa, karena ada demo (protes), di situlah mahasiswa berdiri tegak dan berteriak lantang untuk menyuarakan aspirasinya. Suara mahasiswa memang suara rakyat, dan integritas mahasiswa adalah integritas pemuda. Karena pemahaman itulah, mahasiswa gagah berani, merajalela demo sebuah kebijakan.

Namun gagahnya menjadi mahasiswa, tidak terlalu menonjol dengan apa yang lekat dalam benak masyarakat. Masyarakat justru menilai bahwa mahasiswa hanya pandai berdemo, namun tidak memiliki solusi bagi setiap masalah yang ada. Mahasiswa, kata banyak orang, ibarat hanya pintar teori kebaikan, namun tidak pintar dalam berbuat kebaikan. Di sisi lain ada yang menggambarkan, bahwa mahasiswa identik dengan prilaku bebas. Parahnya, mahasiswa bisa dianggap provokator terjadinya bentrokan antar warga, dan lain sebagainya.

Pejamkan mata dan singkirkan dari sekarang anggapan-angapan masyarakat itu. Saatnya mahasiswa membuka mata dan hati untuk bangun solusi dengan kecerdasannya. Bangun hakikat integritas dalam hati dengan pancasila sebagai ideologi negara. Istilah “singsingkan lengan bajumu”, bukan lagi bertindak gragas tanpa arah, namun dengan perhitungan-perhitungan yang matang dan solusi-solusi sesuai dengan dedikasi ilmu yang dipilihnya.

Temukan Solusi Diri
Masalah selalu kian menghadang, baik itu masalah besar setingkat negara maupun masalah diri sendiri. Bagi mahasiswa, masalah negara adalah masalah dirinya, karena dengan begitu dia dapat berprotes ria untuk sekadar berteriak, bahwa “aku tidak setuju dengan kebijakan pemerintah”. Untuk itu, agar memperoleh solusi sebuah masalah negara, tentunya ada cara yang tepat untuk mandapatkanya.

Salah satu yang dipercaya oleh banyak orang, adalah “temukan solusi diri” dahulu, karena dengan mampunyai menemukan solusi diri, mahasiswa sadar akan fungsinya. Tidak perlu gatal untuk berteriak bahwa kebijakan pemerintah itu salah, namun jika mahasiswa sadar akan fungsinya, dia akan berprilaku sesuai analisisnya terhadap kebijakan pemerintah yang menurutnya salah.

Sebagaimana seorang Nelson Mandela, Bung Karno, dan Raden Ajeng Kartini. Para pahlawan itu menjadi orang-orang besar, karena protes kebijakan yang berpengaruh baginya. Nelson Mandela, protes dengan sistem Apharteid di negaranya Afrika Selatan, lalu beliau dipenjara. Dalam bui itu, Nelson menyadarkan bahwa dirinya memiliki fungsi untuk membebaskan negaranya dari Apharteid. Akhirnya dia membuat buku untuk membuka pikiran-pikiran barat (kulit putih) untuk tidak menerapkan sistem Apharteid, karena sistem Apharteid melanggar hak asasi manusia.

Bung Karno yang pernah diasingkan oleh Belanda, mampu dengan cerdas mengambil solusi-solusi di tengah krisis diri yang teransingkan. Dengan usahanya itu, beliau mampu membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang diharapkan masyarakat Indonesia. Kemudian, Raden Ajeng Kartini dengan bukunya “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Buku legendaris itu, menyadarkan kita untuk memperlalukan hak yang sama terhadap perbedaan gender pria dan wanita.

Semua usaha pahlawan-pahlawan itu berawal dengan menemukan solusi dirinya dan menyadarkan fungsinya sebagai orang-orang besar, sehingga mampu menemukan dan melepas masalah besar bagi negaranya.

Demo dengan Tulisan
Besarnya prospek media, baik radio, online, surat kabar, dan televise, saat ini membuka banyak pengetahuan dan wawasan bagi siapa saja yang mendengar, membaca, dan melihat. Dengan peluang-peluang itu, khususnya surat kabar dan media online, diharapkan mahasiswa mampu memanfaatkannya dengan menulis opini atau artikel tentang apa yang diprotesnya. Namun, sesuai visi tulisan ini, bahwa opini dan artikel yang dibuat bukan hanya untuk mengkritisi masalah, tapi menyertakan dengan solusi tepat dan berguna bagi penyelesaian masalah.

Dengan memanfaatkan media, mahasiswa bisa membangun citranya sendiri. Mahasiswa tidak akan lagi dianggap provokator, bebas pergaulan atau anggapan negatif lainnya. Mahasiswa yang demo dengan tulisan, akan dianggap cerdas, karena mampu menulis dengan tujuan membangun, bukan sekadar demo (protes) yang sia-sia tanpa solusi. Dengan tulisan di media pula, mahasiswa mampu mengembangkan diri dengan gagasan-gagasan ‘liar’, namun terarah guna memperbaiki situasi.

Untuk itulah, bagaimanapun juga kita mencari solusi untuk menyelesaikan masalah, bukan untuk membuat masalah menjadi sulit. Lebih baik bagi mahsiswa, menulislah dengan membuat opini atau artikel untuk dikirimkan ke media cetak (surat kabar) maupun media online (portal berita). Sepertinya itu lebih baik dan efektif, dari pada turun ke jalan menuju bangunan yang diprotes dan siap membakar, beteriak, lalu bergandeng tangan lompat-lompat tanpa solusi tepat guna.*

Penulis: Dedi Abdullah, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Ibnu Chaldun, Jakarta. Penulis Buku “Tinggalkan Akal Pakai Hati”.
Continue Reading...

Seri Hak-hak Asasi Manusia dalam Pandangan Imam Sajjad as - Hak-hak Rakyat 4

4. Hak Budak
Adapun hak budakmu, maka ketahuilah bahwasanya dia adalah makhluk Tuhanmu, dan dagingmu dan darahmu, dan bahwasanya kamu memilikinya, tetapi bukan kamu yang menciptakannya selain Allah, kamu tidak menciptakan untuknya telinga dan mata, dan kamu juga tidak memberinya rezeki. Akan tetapi, Allah yang mencukupimu itu, kemudian Dia menundukkannya untukmu dan mempercayakannya kepadamu dan menitipkannya kepadamu agar kamu menjaganya. Oleh karena itu, hendaklah kamu memberinya makan sama dengan apa yang kamu makan dan memberinya pakaian sama dengan apa yang kamu pakai, dan janganlah kamu membebaninya apa yang tidak sanggup dipikulnya. Jika kamu tidak menyukainya, maka gantilah dia dengan yang lainnya dan janganlah kamu menyiksa makhluk Allah. Dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Diterjemahkan dari Risâlah al-Huqûq
Karya Imam ‘Alî Zainal ‘Âbidîn
Continue Reading...

99,9% Makanan Impor Tidak Penuhi Standar Keamanan

IPABIonline.com - Saat ini, banyak produk pangan impor yang terdeteksi menyalahi aturan standar keamanan konsumen. Karena itu Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI mengingatkan pentingnya meningkatkan perlindungan konsumen.

Berdasarkan data dari hasil penangkapan, sebanyak 99,9 persen produk impor pangan dan makanan-minuman yang masuk ke Indonesia tidak memenuhi standar keamanan konsumen.

"Kami sudah mendeteksi ribuan produk pangan yang tidak mengikuti peraturan yang ada, dan kami sudah sikapi ke kepolisian dan pengadilan," kata Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan hari ini di Jakarta.

Untuk itu, hal ini harus disikapi melalui proses karantina, pendeteksian, dan pembinaan yang kuat. Selain itu, penegakan hukum perlu ditingkatkan untuk melindungi konsumen dari barang impor berbahaya. Maka lembaga-lembaga terkait sangat membantu dengan vokalisasi ini.

"Agar ke depan perlindungan konsumen bisa dijaga," kata dia. (IPABI Online/jaringnews)
Continue Reading...

Membid’ahkan Maulid, Upaya Menghancurkan Pilar Islam

"Tradisi mauludan memiliki peran yang sangat signifikan dalam menjaga umat dari berbagai musibah yang mengancam. Tradisi ini bukan hanya akan membangkitkan atau menyuburkan kembali kecintaan mereka kepada nabinya, namun ia berpotensi mengantar mereka kepada pintu kejayaan dan kebahagiaan yang abadi."

Bulan Rabiul Awwal salah satu bulan Hijriah yang memiliki khas tersendiri bagi kaum muslimin di seluruh dunia. Hal ini tidak lain dikarenakan pada bulan ini telah dilahirkan nabi mereka, manusia teragung sepanjang sejarah manusia, manusia yang kelahirannya telah diberitakan puluhan abad sebelumnya dan menjadi kabar gembira yang bersumber dari lisan suci para pembawa risalah Ilahi.

Kecintaan dan kesetiaan umat Islam terhadap nabi mereka telah menjadikan mereka beratusias untuk selalu mengenang dan mengabadikan sejarah kehidupannya, mengingat perjuangan dan jasa yang telah diberikannya. Salah satu manifestasi dari tujuan ini, ialah dengan memperingati hari kelahiran manusia pilihan ini.

Dengan memperingati kelahiran nabi yang biasa disebut dengan Mauludan, kaum muslimin berupaya menjaga dan menghidupkan misi serta ajaran yang dibawa nabi mereka, sehingga ajaran ini tetap eksis di tengah masyarakat dan hidup di kalbu umat dari generasi ke generasi. Bayangkan, andaisaja umat Islam enggan mengenang sejarah nabi mereka, maka lambat laun sirah dan ajarannya akan terlupakan. Generasi yang akan datang tidak lagi akan mengenal kepribadian agung nabi terakhir, yang tentunya hal ini akan menjauhkan mereka dari hidayah yang dibawanya.

Saat kaum muslimin tidak mengenal pribadi dan sirah nabi mereka, maka berbagai musibah besar akan datang menimpa. Beragam bid’ah dan inovasi dalam agama akan bermunculan secara ekstrim tanpa ada yang mampu membendungnya, kejahilan umat akan ajaran nabi mereka menjadikan mereka kehilangan barometer yang dapat membedakan antara ajaran sebenarnya dan yang telah terdistorsi, antara ajaran asli Ilahi dan ajaran baru syaitani. Pesan-pesan suci qur’ani akan kehilangan fungsinya, karena umat tidak lagi memahami dan mengamalkannya. Pilar-pilar kekuatan umat Islam akan runtuh, sehingga bukan hanya dalam ideologi dan iman, namun dalam berbagai ranah baik politik, sosial, ekonomi, budaya, mereka akan mengalami keterpurukan. Agama Ilahi yang sempurna pun akan menjadi bahan cemoohan sebagai imbas dari kondisi memprihatinkan para pemeluknya.

Tradisi mauludan memiliki peran yang sangat signifikan dalam menjaga umat dari berbagai musibah yang mengancam. Tradisi ini bukan hanya akan membangkitkan atau menyuburkan kembali kecintaan mereka kepada nabinya, namun ia berpotensi mengantar mereka kepada pintu kejayaan dan kebahagiaan yang abadi. Bagaimana tidak, dengan memperingati hari kelahiran Nabi tercinta Saw, kita akan mengenal kepribadian agungnya dan misi suci yang diperjuangkannya, tentunya pengenalan ini akan melahirkan tekad pada diri kita untuk mengimplementasikan misi tersebut dalam diri dan masyarakat sekitar kita. Dengan mengamalkan ajaran suci Nabi Saw, umat akan mampu melewati berbagai rintangan sehingga mereka berhasil mencapai kejayaan dan kebahagian hakiki yang menjadi tujuan penciptaan manusia itu sendiri.

Memperingati kelahiran Rasulullah Saw bukan hanya selaras dengan fitrah dan naluri manusia sebagai umat yang mencintainya, namun ia juga sejalan dengan tujuan pengutusan para nabi, penurunan kitab suci dan pensyariatan hukum-hukum Ilahi. Tidak diragukan, kecintaan yang tertanam pada diri seseorang akan memotifasinya untuk mengagungkan dan mengenang pribadi yang dicintainya. Di saat yang sama, misi Ilahi dalam membawa manusia kepada hidayah dan jalan menuju cahaya-Nya, juga tersirat dalam tradisi mulia ini. Para nabi adalah penyampai risalah Ilahi kepada manusia, dengan mengenalkan masyarakat kepada pengemban misi suci ini, berati kita telah mendekatkan mereka kepada hidayah yang terkandung di dalamnya.

Dengan demikian, tradisi maulid adalah salah satu bentuk dari upaya menyampaikan misi Ilahi yang menjadi tanggung jawab para nabi. Perkara agung yang untuk merealisasikannya, Allah Swt rela mengorbankan para kekasih-Nya dilecehkan bahkan dianiaya oleh para musuh-Nya. Betapa banyak utusan Allah yang mati syahid ditangan umatnya sendiri dikarenakan mereka tidak bersedia meninggalkan misi yang diembannya itu. Semua ini menunjukkan betapa besarnya urgensitas perkara tersebut, sehingga Allah Swt pun menjanjikan imbalan yang sangat besar bagi mereka yang menjalankannya. “Dan barangsiapa menghidupkan satu jiwa, ia bagaikan menghidupkan seluruh jiwa manusia.” (QS. Al-Maa'idah [5] : 32)

Ulama dan kaum mukmin dengan mencontoh nabi mereka dan berharap ridha Ilahi, sepanjang masa selalu berupaya mengisi peran Rasul Saw sebagai perantara hidayah Ilahi kepada umat manusia. Berbagai bentuk upaya telah dikerahkan demi terealisasinya tujuan ini, yang salah satunya adalah dengan merayakan hari kelahiran nabi terakhir utusan termulia Tuhan. Oleh karenanya, tradisi maulid tidak bisa dikatagorikan sebagai bid’ah atau inovasi baru dalam agama, karena ia merupakan variasi dari upaya penyebaran risalah Ilahi yang telah diperintahkan sejak diturunkannya Adam as ke muka bumi, bahkan merupakan tujuan utama penciptaannya.

Tidak bisa dibayangkan, bagaimana jika seluruh kaum muslimin meyakini bahwa memperingati kelahiran nabi mereka adalah perbuatan bid’ah dan ritual yang meyimpang, maka cepat atau lambat berbagai musibah besar akan menimpa mereka. Mereka akan merasa asing dan terjauhkan dari simbol terbesar hidayah Ilahi, tidak lagi mengenal serta menyadari akan ajaran suci nan sempurna yang dibawa oleh Nabi Saw, dan pada akhirnya mereka akan terjerumus kepada propaganda besar musuh-musuh Islam sehingga mereka pun akan mengalami keterpurukan yang fatal.

Mengapa perayaan maulid dianggap bid’ah oleh sebagian kolompok umat Islam? Apakah mereka tidak mengetahui maksud dari bid’ah yang sebenarnya? Mungkinkah mereka tidak mencintai pribadi yang mereka anggap sebagai nabi pembawa hidayah dan kebahagiaan hakiki bagi diri mereka? Ataukah ada niat tersembunyi di balik pandangan yang sangat kontrafersial ini? Jika perayaan besar ini dianggap bid’ah hanya lantaran tidak pernah dilakukan oleh para salaf, maka akan banyak sekali tradisi umat Islam yang tergolong bid’ah. Bukan hanya tahlilan dan doa bersama, tetapi menggunakan pakaian yang kita miliki saat ini untuk melaksanakan shalat juga termaksud bid’ah. Karena kaum salaf tidak pernah menggunakan pakaian model seperti ini saat melakukan shalat. Dakwah via internet pun termaksud bid’ah, karena tidak ada satu sejarawan pun yang mengatakan bahwa ada dari salaf yang pernah berdakwah melalui internet. Seorang yang berakal dan bijak, tidak akan melakukan sesuatu yang berdapak besar sebelum ia meneliti dan mengkaji terlebih dahulu. Oleh karenanya, alangkah baiknya jika kelompok yang membid’ahkan maulid itu terlebih dahulu mempelajari pengertian dari bid’ah sebelum mereka mengutarakan dan menyakini pandangan berbahaya tersebut.

Bulan Rabuil Awwal adalah bulan yang mulia, bulan ini adalah momentum yang sangat tepat bagi kaum muslimin untuk kembali merapatkan barisan mereka. Karena pada bulan inilah telah dilahirkan pribadi mulia yang menjadi panutan seluruh umat Islam di mana pun mereka berada dan apa pun aliran serta mazhab yang dianutnya. Saat ini musuh-musuh Islam dengan segala daya dan dengan berbagai fasilitas yang mereka miliki, semangkin gencar dan agresif dalam memerangi Islam dan kaum muslimin. Di mata mereka tidak ada Sunni dan Syiah, Syafii dan hanafi, Jakfari atau Zaydi, yang ada di benak mereka, umat Islam adalah satu yang mereka anggap sebagai kaum yang tidak berguna, yang hanya layak diperbudak atau dimusnahkan. (*)

Penulis: S Ali Jafari
(Dikutip dari situs alhassanain.com)
Continue Reading...

Iran Akan Bereaksi Keras Terhadap Segala Ancaman

IPABIonline.com - Komandan Tentara Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) Brigadir Jenderal Mohammad Pakpour menegaskan Iran tidak akan menjadi inisiator peperangan. Namun, Iran akan bereaksi keras terhadap segala ancaman.

Pakpour mengatakan hal itu dalam pembukaan latihan militer darat yang diberi nama Hamiyan-e Velayat (Para Pendukung Velayat).

"...kami akan bereaksi cepat.." kata Pakpour, Ahad (5/2), yang menegaskan bahwa Angkatan Darat Iran akan bereaksi guna menangkal segala ancaman.

Pakpour juga mengatakan, latihan militer tersebut bertujuan untuk menunjukkan kesiapan Iran dalam menghadapi berbagai ancaman. "Selama latihan, kemampuan dan inovasi Angkatan Darat Iran akan ditunjukkan," katanya.

Sementara Wakil Komandan IRGC, Hossein Salami, dalam kesempatan yang sama mengatakan kepada kantor berita Fars, setiap lokasi yang akan digunakan oleh musuh untuk serbuan terhadap Iran akan menjadi sasaran pasukan IRGC.

Tidak ada laporan tentang lokasi pasti dan lamanya latihan itu berlangsung. Namun Iran sebelumnya mengatakan latihan militer di perairan selatan atau dekat wilayah yang menjadi target musuh bertujuan untuk memelihara kesiapan tentaranya dalam menghadapi berbagai ancaman di Teluk Persia, Laut Oman dan Selat Hormuz, yang menjadi jalur penting distribusi kapal tanker.

Teheran juga mengancam untuk menutup Selat Hormuz jika mereka tidak bisa menjual minyaknya karena sanksi yang diterapkan Barat terhadap negara itu. Menteri Luar Negeri Iran, Ali-Akbar Salehi, mengatakan Teheran tengah menyiapkan diri guna menangkal rencana Barat yang bertujuan untuk menekan Iran.

"Teheran kini sedang mengkaji tentang kemungkinan terburuk dan menyiapkan diri untuk menangkal ancaman Barat," kata Salehi seperti dikutip Press TV.

Sebelumnya Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak pada Kamis (2/2) mengatakan jika sanksi atas Iran terbukti tidak efektif, maka Israel akan mempertimbangkan untuk melancarkan aksi militer guna mencegah program nuklir Republik Islam tersebut.

"Kalau saja sanksi gagal menghentikan program nuklir Iran, maka akan perlu untuk mempertimbangkan dilakukannya tindakan," kata Barak, seperti dikutip Xinhua.

Saat menyampaikan pidato terbuka dalam penutupan Konferensi Herzliya, Barak menyatakan Israel bersedia melakukan tindakan sebelum keadaan sangat terlambat. (IPABI Online/metrotvnews)
Continue Reading...

Ketidakmampuan Media-media Barat Hadapi Iran

IPABIonline.com - Robert Fisk, koresponden dan analis masalah Timur Tengah surat kabar Independent dalam masalah kebijakan-kebijakan media-media Barat mengenai Timur Tengah terutama Iran menjelaskan bahwa tekanan-tekanan ini telah dimulai dengan berbagai bentuknya yang berbeda sejak pemilihan presiden Iran dan kemenangan Mahmud Ahmadinejad untuk kedua kalinya dalam periode ini.

Sebagai misal, media-media Barat menggambarkan bahwa Iran diperlengkapi dengan persenjataan nuklir akan menjadi musuh penghancur rezim Zionis di kawasan, dan kawasan Iran termasuk arena terlarang bagi Barat, atau bahwa Iran termasuk pendukung teror dunia, pendukung Suriah, Lebanon dan Hizbullah dan senantiasa menjadi ancaman besar.

Dalam kaitannya dengan tuduhan-tuduhan yang dilontarkan ke Iran ini, media-media Barat sepenuhnya bertindak dengan sangat buruk.

Robert Fisk melanjutkan, “Kami para wartaan Barat, hari ini dengan penegasan Simon Perez, Presiden rezim Zionis akan mengatakan bahwa Iran tengah membuat persenjataan nuklir. Akan tetapi, kami tidak ingat bahwa perkataan serupa yang dilontarkan pada tahun 1996 dan digaungkan oleh Netanyahu sejak tahun 1992, hampir 16 tahun suara ini digumamkan oleh rezim Zionis ini memiliki tujuan-tujuan tertentu."

Media-media Barat dan para surat kabar dalam bidang ini sedemikian kebingungan sehingga tidak mengetahui manakah realitas dan manakah berita-berita rekayasa sehingga bahkan kami tidak mengetahui sebenarnya Iran memiliki persenjataan nuklir ataukah tidak?

Akan tetapi, menariknya, setelah kejadian-kejadian yang dialami oleh media-media Barat berkaitan dengan Irak, metoda ini kembali diterapkan dan mereka tetap melakukan manuver yang sama untuk Iran.

Lalu dari manakah dimulainya permainan ini?

Syah Iran juga memiliki banyak kecenderungan dalam menggapai energi atom dan bahkan bahwa ia ingin memiliki bom atom seperti Rusia dan Amerika dan tidak ada seorang pun yang menentangnya. Sementara itu, Eropa hanya ingin diktator ini menjadi lebih kuat, karena keduanya mempunyai rekan yang sama dan para musuh yang sama.

Saat Irak didorong oleh Barat untuk menyerang Iran dengan bom-bom cluster , dengan perintah Ayatullah Khomenei energi atom dalam bentuk persenjataan bagi Iran dikenal sebagai produksi setan. Akan tetapi, perolehan inovasi ini dalam bentuk ilmiah merupakan kelaziman era kontemporer.

Dengan mengikuti kebijakan inilah, Iran melakukan kegiatannya dalam bidang ini, dan rezim Zionis untuk mempertahankan dirinya berupaya untuk senantiasa menghalangi masalah ini.

Info Palestina melaporkan, Robert Fisk menjelaskan bahwa masalah yang dihadapi Barat adalah karena Iran selalu menjadi pemenang dalam seluruh perang-perang psikis belakangan ini, sedangkan Amerika dan Inggris, tanpa dirinya sendiri menyadari, ternyata telah melakukan tindakan yang memberikan keuntungan bagi Iran. Perang-perang yang mereka ciptakan, sepenuhnya hanya memberikan kerugian-kerugian bagi mereka.

Media-media Barat dengan segala kemampuannya tengah berupaya untuk menentang Iran, mereka telah membuat gunungan kebencian dan kebrutalan dari dalih yang paling kecil. (IPABI Online/shabestan)
Continue Reading...
 
Copyright © 2012-2013 IPABI Foundation. All Right Reserved.
Unit IPABI : HUSAINIYAH | HAUZAH | IMAN | PERMABI | HW | TPQ | MT. MAHDAWIYAH.